Cara Alami Rambut Anak Sehat dan Lebat

Tahukah kamu bahwa rambut anak mulai tumbuh dari sebelum ia lahir?

Seorang Ibu adalah penata rambut anak sejak bayi. Merawat rambut bayi dan balita terbilang gampang-gampang susah lho.. Yuk ketahui lebih lanjut!

Rambut sehat tentunya merupakan dambaan setiap orang, termasuk kesehatan rambut anak- anak. Sedari kecil, bahkan dari bayi, rambut sebaiknya dirawat dengan baik. Untuk itulah orangtua sebaiknya memperhatikan kesehatan rambut anaknya dengan telaten.

Sebagian anak ada yang mengalami masalah rambut sejak usia dini. Pertumbuhan rambut pada anak harus dirawat dengan baik agar kulit kepala tetap sehat. Untuk keadaan seperti ini tentunya Ibu perlu melakukan perawatan ekstra yaa. Salah satunya dengan cara mengetahui tentang rambut, seperti jenis rambut yang memiliki cara perawatan yang tidak sama.

Bagaimanakah cara merawat rambut yang efektif dan efisien itu?

Mari kita ulas pengetahuan tentang rambut anak yang sehat dengan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai untuk rambut bayi dan balita.

Bunda, tahukah dari mana datangnya rambut?

Tahukah kamu bahwa rambut tidak hanya ada di kepalamu saja? Rambut juga terdapat hampir di seluruh bagian tubuhmu, kecuali bibir, telapak tangan, dan tumit kaki. Rambut yang berada di kepala, tangan, dan kaki, memiliki cara tumbuh yang sama

Ketika rambut mulai tumbuh, rambut keluar dari akar dan folikel (semacam tabung kecil di dalam kulit), melalui kulit rambut. Pembuluh darah yang kecil di bawah kulit memberi makan rambut agar terus tumbuh. Rambut yang kamu lihat di setiap bagian tubuh mengandung sel-sel mati. 

Kamu tidak merasa sakit ketika rambutmu dipotong dengan gunting, kan?!

Bunda tahu kenapa rambut suka kelihatan berminyak?

Pernahkah kamu menarik rambutmu dengan sengaja atau tidak sengaja?

Apakah ada sesuatu yang berwarna putih di ujungnya?

Benda putih itu adalah lemak. Lebih banyak lemak, artinya rambut kamu semakin berminyak.

Ada yang namanya kelenjar sebacus, yaitu sebum atau kelenjar yang menghasilkan minyak. Nah, saat sebum diproduksi dalam jumlah berlebih akan membuat kulit kepala dan rambut jadi berminyak. Karena itu, rambut kamu mengkilat dan agak tahan air. Kalau sudah terlihat seperti itu, artinya sudah waktunya rambut kamu untuk keramas.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak, seperti polusi, kebiasaan memegang rambut, juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berlemak.

Rambut berminyak tidak akan membuat kamu terlihat cantik atau sehat. Minyak yang bertumpuk di kulit kepala, bercampur dengan kotoran dan debu akan mengakibatkan munculnya ketombe.

Rambut Si Kecil ada yang jatuh di lantai

Ya, itulah rambut rontok. Sebenarnya, ketika satu rambut rontok, rambut baru akan tumbuh di tempat yang sama sebagai gantinya. Tapi, ada juga yang kehilangan helai helai rambutnya dan rambut itu tidak akan tumbuh lagi.

Dan tahu nggak..

Setiap hari kita bisa kehilangan 50 sampai 100 helai rambut lho. Tapi, kita tidak menyadarinya. Semua orang bisa kehilangan banyak helai rambut, termasuk juga anak-anak. Nama medisnya, alopesia.

Yuk Bunda, pahami bagaimana rambut yang sehat

Tipikal rambut orang Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, memiliki 10 lapisan kultikula, yang jika dibandingkan dengan rambut orang Eropa dan Amerika, mereka hanya memiliki lima kultikula.

Karenanya tipikal rambut yang tebal juga perlu perawatan yang lebih intensif. Pemeliharaannya pun bergantung pada jenis rambut dan masalah yang muncul. Jika perawatan rambut kurang tepat, maka dapat muncul masalah yang bisa mengganggu penampilan, contohnya rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan rambut berminyak.

Rambut sehat adalah rambut yang lembut, berkilau, kuat, halus dan lebat. Rambut kehilangan kesehatannya ketika lapisan pelindung alaminya hilang. Rambut akan terlihat kusam, kasar dan sulit ditata.

Sayangnya, rambut tidak seperti kulit, yang dapat menyembuhkan kembali kerusakan. Tapi, teknologi rambut saat ini dapat menjadi solusi sementara untuk rambut rusak agar terlihat dan terasa sehat.

Bunda pasti mau Si Kecil rambutnya sehat!

Inilah 7 ciri-ciri rambut balita yang sehat :

1. Kulit kepala sehat
Rambut sehat alami diawali kulit kepala yang sehat. Masingmasing pori kulit kepala yang sehat berisi tiga batang rambut. Kalau hanya satu batang, berarti kulit kepalanya ada masalah.

2. Bertekstur lembut
JIka teksturnya lembut, rambut bisa digerakkan bebas.

3. Berkilau
Rambut berkilau karena lapisan terluar rambut memantulkan cahaya. Kerusakan pada kutikula rambut menyebabkan rambut mengembang dan menghambat kilau.

4. Kerontokan pada rambut bersifat ringan
Apakah rambut rontok itu buruk? Tidak selalu lho.. Wajar koq saat orang kehilangan 50-100 rambut setiap harinya. Rambut rontok ringan tidak akan terlihat karena rata-rata orang memiliki sekitar 100.000 helai rambut.

5. Elastis
Tahukah kamu bahwa tidak hanya kulit saja yang elastis? Rambut pun bisa. Artinya, rambut tidak mudah patah oleh karena tertarik atau pengaruh dari sisir.

6. Tidak kusut saat basah
Rambut yang sangat kering dengan kutikula rusak akan sulit disisir saat basah. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelembap, yang dirancang untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kutikula, membuat rambut disisir begitu mudah.

7. Bereaksi terhadap kelembaban
Kandungan air di udara membuat rambut lurus seperti turun. Sedangkan rambut tidak sehat akan mengembang jika terkena kelembapan udara. Hal tersebut akan menjadikan rambut lebih keriting, kasar dan kusam.

Apa saja masalah rambut yang sering terjadi pada bayi?

Bayi sering mengalami kerontokan rambut setelah beberapa bulan pertama dia lahir. Sebenarnya, apa yang menyebabkan rambut bayi rontok?

Penyebabnya adalah hormon.

Tahukah bahwa sebelum lahir, bayi memiliki tingkat hormon yang tinggi dalam tubuhnya dari Bunda?

Setelah bayi lahir, tingkat hormon ini mulai turun. Hal ini menyebabkan rambutnya memasuki keadaan istirahat, yang berarti tidak tumbuh lagi.

Keadaan rambut tersebut lalu akan mengalami kerontokan ketika rambut memasuki siklus pertumbuhan baru. Rambut baru akan muncul di bawah dan mendorong keluar. Kemudian rambut baru yang lebih kuat akan tumbuh secara bertahap. Kerontokan rambut bayi dapat berlalu dengan berjalannya waktu.

Bayi Bunda juga mungkin dapat mengalami semacam kebotakan sekitar kepalanya, diakibatkan tidur dalam posisi yang sama terus menerus. Hal lainnya adalah kadang-kadang ketika rambut baru bayi tumbuh, keadaannya muncul tidak hanya dengan warna yang berbeda, tapi tekstur yang berbeda juga.

Apa yang dapat Bunda lakukan jika bayi masih kehilangan banyak rambut setelah dia berusia enam bulan?

Sebaiknya Bunda mengetahui bahwa hal tersebut adalah tanda dari masalah gizi, seperti kekurangan zat besi, atau masalah medis.

Bagaimana Merawat Kulit Kepala dan Rambut Balita?

Beberapa orang mencuci rambut setiap hari, tetapi ada juga yang mencucinya seminggu atau dua minggu sekali.

Ketika Bunda keramas rambut Si Kecil, gunakan sampo yang lembut dan air hangat sampai berbusa dengan menggunakan ujung jari.

Bunda dapat menggunakan sampo yang mengandung pelembap. Pelembap ini akan membantu rambut Si Kecil agar tidak kusut dan membuat rambutnya terlihat lembut. Bilas rambut dengan air bersih. Keringkan dengan handuk yang lembut dan gunakan sisir bergigi lebar agar tidak kusut.

Perhatikan juga ya Bunda, saat melihat dekat pada kulit kepala Si Kecil, mungkin akan terlihat rambut berwarna terang dan sangat lembut. Jika rambut Si Kecil butuh waktu tumbuh, bersabarlah.

Bunda ingin rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat?

Berikan makanan sehat untuk rambut sehat!

Nah Bunda, jadi ada hair tonic untuk bayi dan anak yaa.. Yang tidak hanya mengandung vitamin untuk rambut saja, tapi juga benar-benar merangsang pertumbuhan rambutnya.

Baiknya lagi, terbuat dari bahan alami sehingga nyaman untuk Si Buah Hati. Menyuburkan rambut anak secara alami tumbuh dengan lebat, sehat, hitam, halus dan lembut, juga melindungi kulit kepala dari iritasi ringan.

INOVATOR untuk hair tonic anak karena selama ini yang ada di pasaran adalah hair lotion untuk bayi.

Rambut Sehat Bayi dan Balita

Apa itu Lebat

Herbal Hair Tonic – penyubur rambut untuk bayi dan anak-anak

3 Cara Kerja LEBAT:

Beli sekarang juga

Rp 33.000

Tersedia Produk Lainnya:

PT. Teguhsindo Lestaritama
Jl. H. Miran No. 32 Pondok Kopi
Jakarta Timur, Indonesia

 Copyright Sehat dan Indah 2020