Pemahaman Kulit dan Perawatannya

Pemahaman Kulit dan Perawatannya

Merawat kulit? Duuh ribet gak sih?

Kamu sering juga beranggapan kaya gini?

Padahal merawat kulit itu pada dasarnya gampang lho..
Ada beberapa prinsip dasar yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit jadi tetap sehat secara alami.

Namun, sebaiknya kamu paham terlebih dahulu APA, SIAPA dan BAGAIMANA kulitmu, supaya perawatan kulit yang diberikan lebih TEPAT dan bisa menjaga kulitmu tetap sehat dan awet muda.

Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melindungi tubuh dari lingkungan luar, misalnya radiasi UV, polusi, radikal bebas dan mikroba. Kalo dibelah tuh kulit kita, ternyata ada beberapa lapisan lho moms.. Nah, lapisan itu punya fungsinya masing-masing.

Tahukah kamu..

Perawatan kulit yang kita lakukan sehari-hari itu adanya di 2 lapisan kulit (epidermins & dermis).
Dan perlu kamu tahu juga, ada bagian-bagian di dalam lapisan kulit yang mempunyai peranan sangat penting..
Kita bahas beberapa bagian yang terpenting yuk..

KERATIN

Sering denger ya, suka tertulis di beberapa produk skincare. Di kulit kita, keratin ini peranannya penting banget untuk melindungi tubuh dari kerusakan fisik.

LAPISAN MINYAK

Nah ini.. banyak perempuan yang suka sebel kalau kulitnya berminyak Duh, padahal harusnya bersyukur lho, kulit yang masih cenderung berminyak itu menandakan kalo kulit kita masih sehat. Kulit kering adalah ciri fisik yang mudah dikenali saat kulit kita mulai terjadi penuaan dini. Karena kulitnya kering makanya rentan timbul kerutan pada wajah. Kenapa ada lapisan minyak di permukaan kulit kita, karena berfungsi untuk menahan air dari penguapan untuk menjaga kelembaban & cairan tubuh.

JAKET ASAM KULIT

Sama halnya kalo lagi kedinginan atau saat naik motor suka pake jaket kan ya... Di kulit kita juga ada jaketnya lho, fungsinya untuk memproteksi/melindungi dari infeksi mikroba (bakteri, virus dan jamur).

Perempuan yang suka sebel sama lapisan minyak di wajah yang dianggap berlebih ataupun perempuan yang nggak puas sama warna kulitnya, akhirnya mereka coba-coba pake krim/perawatan kulit yang instan. Di sini letak kesalahannya. Karena tidak hanya lapisan minyak saja yang hilang, namun jaket asam kulitnya juga akan ikut terkikis. Alhasil, kulitnya jadi sensitif dan mudah teriritasi

Kita belajar istilah kimia sedikit ya..
pH atau derajat keasaman adalah parameter angka yang menunjukkan sifat keasaman suatu objek, termasuk tubuh kita.
Udah cukup familier kan ya..

pH 1-6 bersifat asam
pH 7 bersifat netral, contohnya air mineral.
pH 8-14 bersifat basa/alkali

Bagian kulit kita juga ada derajat keasaman juga yang berbeda-beda lho..
Perlu kamu tahu nih..

Daerah kewanitaan : pH 3-4

Artinya, di pH inilah sebagai ekosistem/lingkungan hidup dari bakteri baik di miss V kita tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan asam laktat yang cukup untuk terjaga daerah kewanitaan & tidak terjadi infeksi jamur/bakteri.

Kulit wajah : pH 4.5 – 5.5

Artinya, di pH inilah lingkungan hidup dari bakteri baik di kulit wajah kita.

Kulit badan : pH 8-9

cenderung basa ya, makanya sabun badan kita itu bersifat basa. Dari pH yang berbeda untuk masing-masing daerah kulit itu, maka pemakaian produk perawatan kulit nya pun juga berbeda.

Contohnya pemakaian produk sabun.

Ada sabun khusus miss V, pilih yang kandungannya aman dan yang ber- pH 3-4.
Ada sabun khusus wajah, sebaiknya gunakan yang ber- pH Balanced.
Ada sabun badan yang secara umum sudah ber- pH basa.

Lalu apa yang terjadi kalo misalnya, kita salah pakai sabun?

Contohnya.. Sabun badan dipake untuk di wajah, biasanya cowo nih yang suka pemakaian all in one begini

Karena efeknya, kulit wajah akan terasa kaku kaya ketarik gitu, lama kelamaan
akan kering dan jadi rentan/mudah iritasi (suka terasa cekit-cekit gitu).
Kamu pernah ngerasain kaya gini juga?

Terjadi juga kalo kamu suka pake sabun wajah yang tidak ber-pH balanced.

Ciri mudahnya.. Kalau habis cuci muka trus terasa efek seperti kulit wajah akan terasa kaku kaya ketarik gitu, maka sebaiknya segera ganti sabun muka kamu.
Supaya tidak merusak jaket asam kulit kita.

Satu lagi bagian dari kulit kita yang punya fungsi paling penting yang perlu kamu tahu..

✔ MELANIN
Merupakan sistem pertahanan di kulit kita terhadap sinar UVB yang sangat merusak dan berpotensi menjadi kanker. Melanin diproduksi oleh sel melanocytes saat kulit terpapar sinar UVB. Bila Melanin tidak diproduksi, kulit akan terpapar UVB yang bersifat membakar dan menimbulkan resiko kanker kulit. Jadi bisa dibilang melanin ini seperti sunscreen alami yang ada di kulit kita lho, karena dia bisa memproteksi sinar UVB sampai dengan 99%.

Nah benar kan..
Allah itu memang Maha Baik yaa, kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dengan sinar matahari yang berlebih, dikaruniai kulit yang produksi melanin-nya cukup banyak. Ternyata itu ada maksudnya.. supaya kulit kita bisa memproteksi diri secara alami dari ganasnnya paparan sinar UVB.

Warna kulit kita ditentukan oleh pigmen melanin masing – masing Ras:
1. Kulit Asia
2. Kulit Caucasian / Eropa
3. Kulit Afrika

Fungsi melanin sangat penting bagi kelangsungan hidup kita moms, walopun sedikit mengganggu estetika karena warnanya yang cenderung gelap.
Jadi jangan di hambat produksinya melanin. Hindari pemakaian produk skincare yang cara kerjanya justru menghentikan produksi melanin, resikonya kanker lho..

Karakteristik Pigmen

REGENERASI KULIT

Umur lapisan kulit kita itu normalnya 21 – 30 hari. Regenerasi kulit terjadi setiap waktu dan masa optimalnya sampai di usia 20-an. Saat di usia 35+ faktor tuntutan hidup dan stress lebih tinggi, regenerasi kulit juga mulai melambat, akibatnya
kulit jadi tampak kering dan kusam.

Supaya regenerasi kulit kita optimal, butuh kelembaban yang cukup pada kulit, tujuannya untuk menaktigan enzim proteolitik yang bisa melepaskan sel kulit mati dengan mudah. Jadi wajahmu nggak kering dan kusam.

Jadi, untuk menjaga kulit tetap sehat dengan cara mengoptimalkan regenerasi kulit agar kulit mati terlepas sempurna, dan kuncinya adalah.. Jaga kelembaban kulit sepanjang waktu, sehingga pergantian kulit setiap detik-menit terjadi sesuai kondisi normal alamiah, kulit senantiasa tampak cerah dan muda.

Pemakaian facial scrub juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, namun jangan dipakai setiap hari ya.. scrubbing cukup dilakukan 1x seminggu. Dan jika sabun wajahmu sudah ada kandungan soj peeling yang lembut, maka scrubbing cukup 1x – 2x sebulan.

Kesalahan Merawat Kulit

Asal menggunakan kosmetik

Memelihara & Merawat Kulit

Ada beberapa prinsip dasar yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit jadi tetap sehat secara alami

PT. Teguhsindo Lestaritama
Jl. H. Miran No. 32 Pondok Kopi
Jakarta Timur, Indonesia

PT. Teguhsindo Lestaritama
Jl. H. Miran No. 32 Pondok Kopi
Jakarta Timur, Indonesia

Copyright Sehat dan Indah 2020